Pengaruh
Perilaku Konsumen Mobile Internet terhadap Keputusan Pembelian Paket Layanan
Data Unlimited Internet CDMA di DKI Jakarta
Teknologi GSM dan CDMA menjadi
pilihan bagi pasar potensial bagipenyedia jasa operator jaringan telekomunikasi
di Indonesia. Terustumbuhnya pasar internet membuat operator telekomunikasi
giatberlomba memasarkan paket-paket jasa layanan data internet. Operatoroperatortelekomunikasi
GSM ataupun CDMA seperti tak mau kalahmenawarkan paket-paket internet tersebut.
Paket Mobile internet yanglagi menjadi trend dan menjadi komiditi produk
andalan dari beberapaoperator Telekomunikasi untuk menawarkan dan mendapatkanpelanggan
internet sebanyak mungkin adalah dengan menawarkan paketlayanan data “Unlimited
Internet”.
Keputusan pembelian
konsumensangat dipengaruhi oleh perilaku pembelian dari konsumen
tersebut.Adapun perilaku pembelian konsumen dapat diukur dari empat faktoryaitu
faktor budaya(X1), sosial(X2), pribadi(X3) dan psikologi(X4).Oleh karena itu,
penelitian ini melakukan analisa dari keempat faktortersebut, agar dapat
diketahui apakah semua faktor tersebut berpengaruh,bagaimana hubungan dan
seberapa besar pengaruhnya,serta faktor apayang paling berpengaruh terhadap
keputusan pembelian. Penelitiandibatasi hanya pengguna dari operator
telekomunikasi CDMA yangmenyediakan jasa layanan paket data Unlimited Internet,
denganmenggunakan metode penelitian bersifat deskriptif dan kuantatif.
Teknikpengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner .
Teknikanalisa data menggunakan uji validitas
dan reliabilitas, regresi berganda, uji F dan uji t dengan bantuan software
SPSS 16.0.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa variabel
faktorPsikologi(X4) dengan t hitung sebesar 3,608 memiliki pengaruh
palingbesar/dominan/signifikan dalam keputusan pembelian paket layanandata
unlimited internet CDMA di DKI Jakarta (dapat dibuktikan).
Komentar
Posting Komentar